Label

Jumat, 02 Mei 2014

TUGAS KEWIRAUSAHAAN SMK KELAS XI







    Di Susun Oleh     :     Fina Yuliani
    Hayatun Toyibah
    Irna Septiani
    Oktaviani Kusuma Dewi
    Wiwin Windawati
    Kelas     :     XI AP 9



SMK MODEL PATRIOT IV CIAWIGEBANG
YAYASAN PATRIOT PENDIDIKAN CABANG KUNINGAN
Jalan Raya Sidaraja Ciawigebang Kuningan Jawa Barat 45591
Telepon/Fax. (0232) 878977






                                                      KEWIRAUSAHAAN

1.    Jelaskan apa yang di maksud dengan kata “menjual” ?
Jawaban => menjual adalah memberikan sesuatu atau menyediakan suatu barang untuk orang lain, sehingga kita akan memperoleh atau menerima uang dari hasil penjualandan kita akan mendapatkan sebuah keuntungan yang besar juga.

2.    Sebutkan sikap penjual yang professional !
Jawaban =>
-    Attitude (sikap)
Sikap sangat mempengaruhi kepercayan pelanggan terhadap diri kita, di sini  ada Sikap penjual yang professional.
a.    Tidak menjelekan atau menjatuhkan produk pesaing.
b.    Bersikap percaya diri ketika memperkenalkan produk, tidak canggung atau tidak kaku.
c.    Tidak berlagak menggurui para konsumen (sombong).
d.    Lebih banyak mendengarkan lalu memberikan solusi daripada banyak ngomong yang terkesan membual yang akan membuat calon konsumen tidak nyaman.
e.    Bersikap sopan dan ramah tapi tidak terkesan lugu (kampungan).
f.    Harus bisa menarik perhatian para konsumen untuk membeli barang yang kita tawarkan.
Selain sikap Penjual yang professional juga harus di ikuti dengan penampilan yang menarik jadi penampilan juga dapat mempengaruhi dalam proses menjual, karena penampilan di ibaratkan sebuah pencitraan (public relation). Jadi disini sikap penjual harus memperhatikan penampilan supaya terlihat rapi dan bersih sehingga para pembeli akan tertarik.


3.    Sebutkan tekhnik penjualan !
Jawaban =>
a.    Kita harus benar-benar menguasai produk yang akan kita jual . jika kita menguasai kelebihan dan kekurangan produk kita dengan baik maka kita akan relative mudah mengiring konsumen mengikuti pa yang kita inginkan.
b.    Gali potensi dan kebutuhan calon konsumen setelah itu kita arahkan supaya produk yang kita tawarkan itu bisa menjadi alternatife untuk membantu memenuhi kebutuhannya.
c.    Gunakan slalu tutur kata yang baik dan sopan dengan bahasa tubuh yang professional pastikan kita tulus dan ikhlas untuk membantu memenuhi kebutuhannya.
d.    Kita harus yakin bahwa produk yang sedang kita tawarkan sangat penting dan sangat berarti bagi konsumen.
e.    Jadilah selalu sebagai orang yang bisa dipercaya , kita harus bisa memegang komitmen dengan baik dan menjalankankomitmen itu seperti yang sudah di rencanakan.
f.    Bila menemui kendala atau masalah dalam suatu hal sudah terjadi komitmen dengan pembeli /pelanggan. Kita harus terus terang dan mempertanggung jawabkan segala resiko yang mungkin akan timbul dengan semestinya.
g.    Carilah selalu titik temu yang optimum dalam setiap negoisasi yang kita jalankan dengan konsumen kita.
h.    Hindari menjual berdasarkan belas kasihan konsumen , kita harus mengarahkan pembeli pada satu keputusan membeli secara rasioanal, bukan atas dasar belas kasihan.
i.    Selalulah kita melayani dengan sesempurna mungkin supaya pelanggan akan sangat bergantung pada kita.



4.    Sebutkan cara untuk menetapkan harga jual !
Jawaban =>
a.    Harga yang disarankan
Apabila produsen menyertakan harga yang disarankan dikemasan atau lewat iklan di media usahakan kita juga mengikuti harga yang di sarankan.
b.    Harga mengikuti pecahan rupiah
Misalnya 500,1000,2000,3000, dst. Menerapkan harga ini , bisa membantu meningkatkan jumlah penjualan , misalnya jika seorang membawa uang Rp.5000 dan membeli barang di suatu took yang harganya Rp.1000, maka dia akan membeli sekalian 5 buah supaya tidak di kembalian dan pas, dan pastinya akan menambah pendapatan.
c.    Harga untuk barang yang cepat laku dikisaran 10%
Jika kita pertama  buka toko, tentunya belum tahu apa saja barang-barang yang cepat laku. Disini kita harus bisa bereksperimen kira-kira barang apa saja yang banyak digunakan konsumen.
d.    Sembako per satuan
Misalnya perkilo mengambil keuntungan Rp.500, perliter Rp.500, Gas 3 Kg pertabung Rp.1000.
e.    Barang yang lakunya lama, di kisaran 20-25%, Misalnya untuk harga obat dan sandal agak murah tidak terlalu mahal.
f.    Alat tulis minimal 25% keuntungannya.
g.    Barang kardusan, dikisaran Rp.1000
h.    Minuman dingin, minimal 25%.
i.    Harga tanggung
Strategi ini digunakan khususnya untuk mengahadapi persaingan yang ketat, syaratnya kita harus tahu dulu harga termurah dipasaran.
Bila harga kita bisa dibawah harga termurah dipasaran (istilahnya harga masuk). Dan jika kita tidak bisa/tidak masuk harga, kita bisa menerapkan harga diatas termurah di pasara, namun dengan selisih yang sedikit.

5.    Apa yang dimaksud dengan pelayanan prima ?
Jawaban => pelayanan prima secara harfiah berarti pelayanan yang sangat baik, atau pelayanan yang terbaik.
Pelayanan prima adalah factor kunci dalam keberhasilan perusahaan. Jika bisnis tumbuh dan berkembang dan tetap bisa bertahan  dalam persaingan maka keuntungan dan pendapatan juga harus meningkat.
Untuk melaksanakan hal ini , kita perlu meningkatkan jumlah pelanggan yang kita miliki, dengan demikian kita memeliharadan mempertahankan pelanggan kita seperti halnya mendapatkan pelanggan yang baru, begtitu pula seorang wirausahawan harus bisa menerapkan pelayanan prima supaya dapat mempertahankan pelanggan bahkan menambah pelanggan baru.

6.    Jelaskan pengertian promosi !
Jawaban => promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada konsumen dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya .

7.    Sebutkan model promosi !
Jawaban =>
a.    Model retorika yaitu cara mempromosikan barang dengan cara seseorang berdiri didepan audien, sehingga para audien paham terhadap barang yang kita promosikan.
b.    Model Propoganda
Yaitu cara seseorang menarik perusahaan atau orang lain agar bisa bekerjasama dengan perusahaan kita dan bisa member dukungan.
c.    Model Negoisasi
Yaitu cara seseorang mempromosikan barang kepada pelanggan dengan cara melakukan tawar menawar, dan mempertimbangkan tentang kelebihan dan kekurangan barang yang mereka tawarkan sehingga pelanggan tidak ada yang di rugikan.
8.    Apa tujuan promosi ?
Jawaban =>
a.    Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial.
b.    Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba.
c.    Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan.
d.    Untuk menjaga kestabilan  penjualan ketika terjadi lesu pasar.
e.    Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing.
f.    Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
g.    Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.

9.    Sebutkan bentuk promosi !
Jawaban => Macam-macam bentuk promosi yang meliputi; Advertensi, Personal Selling, Sales Promotion, dan Publicity.
a.    Advertensi (Periklanan)
Berdasarkan macam media yang digunakan, maka advertensi dibedakan menjadi:
1.    Advertensi Cetak seperti koran, majalah, dll.
2.    Advertensi Elektronika seperti website, radio, televisi, dll.
3.    Transit Advertensing seperti buletin, poster/spanduk, stiker, dll.
4.    Kiriman Langsung yaitu barang cetakan yang dikirim langsung melalui pos kepada calon pembeli yang memang sudah target.
5.    Advertensi Khusus yaitu segala macam barang yang bentuknya berupa hadiah.






b.    Personal Selling
Apa itu Personal Selling ? Personal Selling adalah Penyajian barang secara lisan dan bertatap muka kepada satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan agar barang yang ditawarkan dapat terjual. Hal ini lebih ditujukan pada produk yang sifat pembeliannya sekali-kali atau mempunyai nilai per unit   yang sangat tinggi atau  yang didesain dengan kebutuhan tertentu. Dengan melakukan peragaan diharapkan dapat memberikan kepercayaan bagi calon pembeli.
c.    Sales Promotion
Merupakan bentuk kegiatan promosi selain Advertensi, Personal Selling, dan Publicity guna merangsang pembelian barang perusahaan. Adapun alat -alat yang digunakan dalam sales promotion antara lain :
1.    Sampel/contoh, dalam berpromosi jangan ragu-ragu untuk memberi sampel.
2.    Kupon/voucher, yaitu sertifikat hak potongan kepada pemegangya sehingga menghema pembelian produk tertentu.
3.    Premi, yaitu barang yang ditawarkan dengan harga yang sangat rendah.
4.    Paket Harga, yaitu produk harga yang memuat harga lebih rendah daripada harga biasanya apabila Pembeli membeli produk tersebut dengan jumlah yang sudah ditentukan.
5.    Tawaran Uang Kembali, yaitu tawaran pengembalian uang apabila terjadi ketidaksesuaia produk dengan harga/terjadi kerusakan pada produk yang dibeli berdasarkan produknya.
6.    Promosi Dagang, yaitu Penawaran potongan harga dalam jangka waktu tertentu.
7.    Undian, yaitu konsumen diajak untuk mengumpulkan label yang memuat nama produk untuk kemudian diundi dan mendapat hadiah.
8.    Kontes, yaitu mengundang konsumen untuk mengikuti suatu perlombaan.
d.    Hubungan masyarakat
Adalah upaya pendekatan produk di lingkungan masyarakat dengan tujuan masyarakat sebagai pelanggan atau konsumen mengetahui produk yang kita tawarkan.
e.    Publicity
adalah upaya pendekatan kepada masyarakat agar lebih dikenal oleh masyarakat seperti, jumpa pers, publisitas produk, bimbingan kepada masyarakat, dll.

10.    Apa pengertian Negoisasi ?
Jawaban => negoisasi adalah kegiatan tawar menawar antara satu pihak dengan pihak lain dengan jalan perundingan dengan tujuan untuk mencari kesepakatan bersama antara pihak tersebut.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar